Fenomena Air Panas di cisarua natar

Fenomena Air Panas di cisarua natar

Artikel terkait : Fenomena Air Panas di cisarua natar


warga natar kembali dihebohkan dengana adanya fenomena Alam "Semburan Air panas"  Ratusan warga silih berganti berdatangan mengunjungi lokasi semburan air panas alami di Kampung Cisarua, Desa Muara Putih, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

Kemunculan air panas ini berawal dari sekelompok petani yang mengebor untuk mendapatkan air. Kemarau panjang membuat sungai kering sehingga tidak ada sumber air untuk menyiram sayuran. "Petani cari air dengan mengebor di sawah sedalam 29 meter, Jumat (7-9)," kata Sutadi (41), salah seorang warga.

Awalnya, air bercampur lumpur yang keluar. Airnya pun tidak terlalu deras. Kemudian air menjadi bersih dan panas. "Airnya langsung deras. Pipa yang cukup besar pun dipasang sebagai tempat keluarnya air," kata dia.
Semburan di lahan persawahan milik Amrin (45) ini mengkhawatirkan warga sekitar,  lantaran dikira semburan ini bakal berunjung seperti lumpur lapindo di Desa Sidoarjo Jawa Timur.
Untungnya ini tidak seperti yang dikhawatirkan, setelah tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama dengan Badan Penelitian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) dan Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) provinsi Lampung mengecek langsung ke lokasi. Hasilnya, air tersebut hanya sumber mata air panas saja.

    Kepala BPBD Lampung Budiharto menjelaskan, karena sedang musim kekeringan Rabu (5/9) lalu pemiliknya melakuan pengeboran untuk sumur. Ketika sudah sedalam 27 meter tiba-tiba menyembur air panas tersebut yang disertai lumpur setinggi 2 meter.
    “Hal ini yang membuat kekhawatiran warga yang dikira ini sama seperti lumpur lapindo, tapi lama kelamaan semburan airnya turun dan sekarang (kemarin, red) saat kami melakukan pengecekkan langsung ke lokasi tingginya tinggal 50 centimeter dan hanya air hangat saja, tanpa disertai lumpur,” jelasnya.
    Oleh sebab itu, masyarakat diminta tidak perlu khawatir karena itu hanya mata air panas biasa. Apalagi tidak jauh dari lokasi sekitar 500 meter terdapat sumber mata air panas yang sama, meski tidak sampai menyebur ke udara. Selain itu, di dekat lokasi malah sudah ada tempat pemandian air panas, yang jenis mata airnya sama.
    “Kami sudah mengambil sampel airnya untuk dicek di laboratorium, tapi kami kembali mengingatkan bahwa ini tidak perlu dikhawatirkan. Lagipula disana tidak dipasang police line atau larang lainnya karena memang tidak membahayakan dan ini bukan bencana. Bahkan pemilik lahan menganggap hal ini merupakan berkah,” tandasnya. 
sumber : http://rakyatlampung.co.id/new/pusat-kota/5283-semburan-air-panas-hebohkan-warga-.html

Artikel Pencari Inspirasi Lainnya :

4 komentar:

Copyright © 2015 Pencari Inspirasi | Design by Bamz
close