KITA PASTI BISA MELEWATI UJIAN HIDUP INI !!!

KITA PASTI BISA MELEWATI UJIAN HIDUP INI !!!

Artikel terkait : KITA PASTI BISA MELEWATI UJIAN HIDUP INI !!!

Setelah sekian lama blog ini selalu membahas Bisnis Online dan Bisnis Online kini saatnya saya memposting kembali sebuah kajian yang mudah-mudahan dapat bermanfaat , dan memang tujuan awal blog ini dibuat, yaitu ingin membuat sebuah tulisan yang dapat membuat orang menjadi semangat lagi dalam hidup ini.


Bulan-bulan ini saya dihadapkan banyak sekali menemui permasalahan  hidup baik itu pribadi maupun permasalahan  sahabat yang selalu berbagi cerita dalam setiap permasalahannya, ada sebagian yang tegar dengan apa yang dialaminya namun ada juga yang merasa sudah tidak tahan lagi terhadap  apa yg diberikan Allah kepadanya.

Terkait dengan ujian dan Cobaan bahkan musibah kiranya kita dapat menjadikan sebuah keyakinan dan keimanan kita terhadap-Nya

Tapi apakah ketika kita dihadapi dengan permasalahan itu menjadikan kita menjadi orang yang pesimis dan takut mengarungi hidup ini? Tentu TIDAK!


Apapun permasalahan itu pasti ada jalan keluarnya, karena diberikan banyak cara untuk mengatasi dan sabar terhadap apa yang diberikan-Nya.
Dalam Al Qur'an surat Al 'Ankabuut (29) ayat 2 - 3, disebutkan firman Allah swt. yang artinya:

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka akan dibiarkan mengatakan, "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah benar-benar mengetahui orang-orang yang jujur dan sesungguhnya Dia benar-benar mengetahui orang-orang yang dusta!
Dalam surat Al Baqarah (2) ayat 214 Allah swt. Berfirman yg artinya :

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk sorga, padahal belum datang kepadamu (ujian) sebagaimana orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan), sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya, "Bilakah datang pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat".
 

Dalam surat Al Baqarah (2) ayat 155 - 157 Allah berfirman yang artinya :

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Sesungguhnya kita adalah milik Allah dan sesung-guhnya kita adalah orang-orang yang kembali kepada-Nya. Mereka itulah yang menda-pat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk".

Ayat-ayat tersebut di atas dan ayat-ayat lain yang senada memberi pelajaran kepada kita sekalian bahwa setiap orang yang hidup di dunia ini, dalam mencapai tujuan dan cita-cita hidupnya akan selalu menghadapi berbagai macam rintangan dan ujian. Ujian-ujian tersebut dimaksudkan agar:

  • Setiap orang yang hidup di dunia ini menyadari bahwa untuk mencapai tujuan hidupnya di dunia ini tidaklah semudah dan semulus yang dibayangkan; akan tetapi harus melalui berbagai macam rintangan dan ujian.
  • Setiap orang menyadari bahwa semua rintangan dan ujian hidup seperti: rasa takut, kelaparan, kekurangan harta, kematian anggauta keluarga, musim kemarau yang panjang yang menyebabkan tanam-tanaman tidak berbuah dan lain sebagainya adalah se-ngaja diciptakan oleh Sang Pencipta manusia, agar manusia dapat memperoleh kebahagiaan hidup, baik di dunia yang berupa kepuasan jiwa (bukan kepuasan nafsu) maupun kebahagiaan di akhirat yang berupa kenikmatan sorga yang kekal dan abadi. Sebab setiap orang yang telah lulus dari sesuatu ujian hidup, lebih-lebih ujian yang berat, maka dia akan memperoleh kepuasan jiwa.
  • Setiap orang menyadari bahwa dirinya tidak mungkin dapat lulus dari ujian tersebut tanpa mendapatkan pertolongan dari Allah swt. yang telah membuat ujian-ujian hidup tersebut, meskipun dia memiliki tenaga yang sangat kuat, akal fikiran yang sangat cerdas, harta benda yang melimpah ruah dan teman atau anak buah yang sangat banyak.
  • Setiap orang menyadari bahwa pertolongan Allah swt. tersebut harus diminta. Dan untuk meminta pertolongan Allah swt., seseorang harus rajin menghadap ke hadirat-Nya paling tidak sehari semalam lima kali, dengan cara yang telah ditentukan olehNya, yaitu shalat lima waktu.
  • Setiap orang menyadari bahwa untuk dapat lulus dari berbagai macam ujian dan cobaan hidup tersebut, disamping harus memohon pertolongan dari Allah swt. dia wajib bersabar, dalam arti harus memiliki keyakinan yang teguh bahwa sebenarnya dirinya adalah milik Allah dan akan kembali kepada Allah.

Keyakinan yang demikian itu mengharuskan seseorang untuk menyelesaikan dan mengatasi semua rintangan dan ujian hidup menurut cara-cara yang dibenarkan oleh akal yang sehat dan dibenarkan pula oleh syari'at agama Islam; dan bukan lari ke dukun-dukun untuk meminta pertolongan dan bantuannya.

Oleh karena itu dengan ujian dan cobaan mudah-mudahan kita dapat tegar dan sabar dan kita Insyaallah dapat menjadi seorang PEMENANG…!!! AMIIN…




Artikel Pencari Inspirasi Lainnya :

14 komentar:

  1. Artikel Motivasi Yang bagus Bro..
    Semangat dan Sukses selalu!

    BalasHapus
  2. kayaknya lagunya D'MASIV aja "syukuri apa yang ada....... hidup adalah anugerah tetap jalani hidup ini......"

    BalasHapus
  3. gunakan kesadaran dan kesabaran sebagai kunci untuk meraih kemenangan, dan setelah menang jangan lupa untuk bersyukur sebagai pengikat kemenengan yang telah diperjuangkan

    BalasHapus
  4. @akhatam : Makasih sobat... tetep semangat & Sukses juga..
    @Irfak: Ya kita wajib mensyukuri Nikmat-Nya..
    @Abi Sabila : Sepakat... sadar dan Sabar...

    BalasHapus
  5. betul banget sob, 100% ane setuju sama u..... lanjutkan !!!!

    BalasHapus
  6. @Luthfi : Sipp dah Lanjutkan Juga....

    BalasHapus
  7. @alfi: salam kenal juga... tengkyu dahb berkunjung..

    BalasHapus
  8. hiks...terharu nih, semoga bisa melewati ujiannya yah sobatku ^_^

    BalasHapus
  9. berat tapi yang di atas sana tidak akan ngasih ujian melebihi kemampuan kita.. thank penecerahanya

    BalasHapus
  10. Luar biasa. Inspiratif dan menyemangati!

    BalasHapus
  11. bagus banget.motivasinya
    kata-katanya memberikan motivsi lebih buat saya

    BalasHapus
  12. kalimat motivasi yang sangat menyentuh sob.

    BalasHapus

Copyright © 2015 Pencari Inspirasi | Design by Bamz
close